Senin, 12 Mei 2014

Pasien Tetraplegia dengan Nyeri di Punggung

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Hari Senin pagi kemarin, tepatnya pada 12 Mei 2014 waktu Semarang, saya menemui seorang pasien yang sudah menunggu saya sejak semalaman karena dia mesti berbaring di ruang transit Unit Gawat Darurat. Seperti yang saya duga sebelum pertemuan itu, saya dapatkan kepastian bahwa pasien tersebut bukan untuk perawatan paliatif. Lho bagaimana ceritanya?

Seminggu sebelum pasien tersebut masuk UGD, kami sudah berkirim SMS. Pasien yang tinggal agak jauh di sebelah timur kota Semarang tersebut menceritakan kondisi sakitnya. Dia sampaikan dia mengalami tetraplegia dan rasa nyeri di punggung sejak 16 tahun yang lalu. Pasien ini sangat antusias untuk mendapatkan perawatan paliatif karena sempat mendengarkan siaran radio tentang perawatan paliatif yang saya sampaikan pada beberapa minggu sebelumnya.

Pertemuan di UGD tersebut dapat menjadi lebih jelas duduk permasalahannya setelah saya dapat menjelaskan lagi apakah yang dimaksud dengan perawatan paliatif dengan gaya bahasa yang saya coba sederhanakan dan disertai contoh-contoh kondisi sakit yang tepat untuk perawatan paliatif.

Dr. IKA SYAMSUL HUDA MZ, Sp.PD
Internist & Palliative Medicine
+6281326502405
INDONESIA

 GENERASI CINTA QU`RAN
» - (SMS #tanya_dr: +6281326502405)

0 komentar:

Posting Komentar

Isilah komentar dengan baik. Terima kasih.

 

Design By Bamz | Modified By